Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) Tanpa Harus Bongkar Laptop

 Pernahkah teman mengalami insiden dimana laptop yang sedang teman gunakan datang Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) Tanpa Harus Bongkar Laptop
Cara Mengatasi Laptop Overheat
Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) - Pernahkah teman mengalami insiden dimana laptop yang sedang teman gunakan tiba-tiba menjadi panas dan mengeluarkan suara mendesis yang kuat? Hal itulah yang dinamakan overheat atau panas berlebihan.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan laptop menjadi overheat, faktor-faktor tersebut mungkin saja tidak kita sadari selama ini. Penggunaan laptop dengan durasi usang merupakan faktor yang sering menjadikan overheat, selain itu bermain game, banyaknya file di drive C, bahkan peletakan laptop yang salah dikala dipakai sanggup menjadi pemicu laptop menjadi overheat ini.

Jika dibiarkan, tentunya akan sangat menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada laptop sobat. Overheat sanggup mengakibatkan laptop ngelag, hang, bahkan yang paling parah sanggup mengakibatkan processor laptop teman mati. Tentu saja hal itu tidak diinginkan oleh teman sekalian.

Untuk mengatasi overheat pada laptop ini ada beberapa cara gampang yang bisa teman lakukan tanpa harus susah-susah membongkar laptop. Simak pembahasannya di bawah ini.
Artikel menarik lainnya: Aktivasi Windows 10 Ampuh

Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih)

1. Batasi Penggunaan Laptop

Penggunaan laptop secara terus menerus tanpa dimatikan dalam durasi waktu yang usang akan menciptakan laptop cepat overheat. Laptop mempunyai daya tahan yang relatif kecil dibandingkan dengan Personal Computer (PC). Hal ini alasannya yaitu komponen-komponen yang ada pada laptop tentu berbeda dengan komponen yang dipakai pada PC.

Kemampuan laptop biasanya tak lebih dari 3 jam kalau dipakai secara terus menerus, apalagi dipakai untuk bermain game, menonton film, dan sebagainya. Oleh alasannya yaitu itu, sangat penting bagi teman untuk membatasi penggunaan laptop kalau tidak ingin laptop teman mengalami overheat.

2. Menggunakan Cooling Pad

Cara mengatasi laptop overheat selanjutnya yaitu dengan memakai cooling pad. Cooling pad sanggup membantu mengurangi suhu panas pada laptop teman antara 1 hingga 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas dibanding tipe biasa lainnya.

Namun, hindari juga pemakaian colling pad secara berlebihan. Hal ini dikarenakan penggunaan colling pad memungkinkan sanggup membawa abu dan kotoran masuk pada laptop sehingga bisa mengakibatkan kerusakan perhiasan pada laptop sobat.

3. Posisi Laptop yang Tepat

Ketika teman sedang memakai laptop, tempatkanlah laptop teman di daerah yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Jangan meletakkan laptop di daerah yang pengap, contohnya di atas kasur atau di atas bantal.

Laptop yang sedang menyala di atas kasur maupun bantal sanggup mengakibatkan sirkulasi udara menjadi buruk, udara panas akan terperangkap oleh bantal sehingga udara gres yang akan masuk akan menjadi terhalang sehingga hal ini sanggup mengakibatkan laptop menjadi overheat dan akan terjadi penurunan performa laptop itu sendiri.

4. Pindahkan Data di Drive C atau Uninstall Program yang Tidak Perlu

Yang harus diperhatikan dalam mengatasi laptop yang overheat yaitu jangan biarkan drive system (biasanya di drive C) laptop teman menjadi penuh. Hal ini dikarenakan kalau drive system penuh maka butuh waktu usang bagi processor dalam membaca drive system laptop teman sehingga tidak ayal hal ini akan mengakibatkan laptop menjadi overheat.

Hal yang harus dilakukan tentunya teman harus mengganti penyimpanan langsung teman di drive selain drive C. Apakah di drive D, E maupun drive yang lainnya. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah file teman hilang kalau system mengalami masalah. Selain itu, uninstall software yang kurang penting juga menjadi pilihan yang sempurna untuk mengatasi laptop yang overheat.

5. Istirahatkan Laptop

Hal terakhir yang bisa teman gunakan untuk mengatasi laptop yang overheat tentunya yaitu dengan mengistirahatkan laptop kesayangan teman sesudah dipakai dalam waktu usang dan terus menerus untuk bekerja.

Seperti halnya manusia, laptop juga membutuhkan istirahat sesudah bekerja lama. Istirahatkanlah laptop minimal 30 menit sebelum dipakai kembali dengan keadaan laptop dimatikan total.

Meskipun tampaknya cara di atas terlihat sederhana, tapi cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi overheat pada laptop sehingga patut teman coba, baik untuk memperbaiki maupun untuk tindakan pencegahan.

Oke sekian pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi laptop yang overheat tanpa harus bongkar laptop. Terima kasih.


Post a Comment for "Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) Tanpa Harus Bongkar Laptop"