Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Abjad Jawa Dengan Benar Di Komputer Dan Android

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara menulis huruf Jawa dengan benar di komputer maupun Android? Jika belum, sangat sempurna sekali Anda mengunjungi artikel dari blog kali ini, sebab saya akan membahas tutorialnya secara detail untuk Anda praktikkan.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Sekedar informasi, huruf Jawa atau lebih dikenal dengan Hanacaraka dan Carakan ialah satu dari sekian banyak huruf tradisional Nusantara yang dipakai untuk menulis bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Sasak. Tulisan atau huruf Jawa ini ternyata berkerabat bersahabat dengan huruf Bali.

Cara menulis huruf jawa sendiri sangat penting untuk diketahui khususnya bagi pengajar atau guru bahasa Jawa di Sekolah Dasar maupun tingkat yang lebih atas, mengingat pelajaran bahasa Jawa ini telah menjadi salah satu pelajaran yang masuk ke dalam kurikulum Sekolah Dasar terutama di kawasan Cirebon tempat saya menimba ilmu dan sekitarnya.
Baca juga: Cara download buku sekolah elektronik
Dalam mata pelajaran bahasa Jawa tersebut, tentu di dalamnya mempelajari beberapa hal mengenai huruf Jawa maupun Hanacaraka bukan? Untuk itulah mengapa cara menulis huruf Jawa di komputer ini saya katakan penting untuk dikuasai oleh setiap guru bahasa Jawa dalam menuliskan soal ujian bagi muridnya nanti.

Tak hanya guru, saya rasa setiap murid juga perlu untuk memahami bagaimana menulis huruf jawa di komputer ini semoga cara cepat berguru menulis huruf Jawa sanggup lebih gampang dikuasai melalui proses mempelajari, mengamati, dan menirukan goresan pena atau huruf yang ditampilkan pada layar komputer. Baca: Cara meredupkan layar komputer

Mengingat begitu pentingnya cara menulis huruf jawa tersebut, silakan simak dan praktikkan lah tutorialnya berikut ini dengan baik.

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar

Cara menulis huruf Jawa sangatlah sulit bagi yang gres pertama kali mencoba, saya sendiri mencicipi betul hal itu. Menulis secara manual saja butuh waktu yang agak usang untuk menguasainya, apalagi memakai media komputer maupun hp Android.

Walaupun sulit, namun jangan pribadi mengambil kesimpulan bahwa Anda tidak akan sanggup menulis huruf Jawa. Karena melalui artikel kali ini, saya akan memaparkan secara gamblang mengenai cara menulis huruf Jawa yang paling gampang yang niscaya saya yakin sanggup diikuti oleh semua orang termasuk Anda tanpa terkecuali.
Baca juga: Aplikasi perpustakaan digital

#1 Download dan Install Font Aksara Jawa

Bentuk goresan pena huruf Jawa ialah unicode, artinya tidak semua font mendukung karakter huruf Jawa tersebut. Untuk itulah, mengapa langkah pertama dalam cara menulis huruf Jawa ialah mendownload dan mamasang font yang mendukung penulisan huruf Jawa terlebih dahulu.

Salah satu ciri kalau font yang Anda gunakan tidak mendukung pengetikan huruf Jawa yang paling terlihat ialah goresan pena akan menjadi simbol kotak-kotak. Dan tentunya hal tersebut tidak akan sanggup dibaca oleh siapa pun, walaupun itu ialah orang yang sudah paham betul dengan huruf Jawa.

Salah satu font huruf Jawa yang sanggup Anda gunakan ialah Tuladha Jejeg yang tersedia di situs milik R.S. Wihananto. Font yang memakai lebar gesekan dengan karakter tebal tipis dan serif di beberapa glif ini dipastikan sangat mendukung semua karakter unicode huruf Jawa, entah itu huruf jawa angka, sandangan huruf jawa, huruf Jawa vokal (a, i, u, e, o), sampai tanda bacanya.

Untuk mendownload font huruf Jawa berjulukan Tuladha Jejeg tersebut, Anda sanggup mengunjungi situs bapak Wihananto maupun melalui tautan download di bawah ini.

Download | Tuladha Jejeg Font (Gratis)

Setelah font berhasil didownload, instal font tersebut dengan mengekstrak file terlebih dahulu, klik dua kali pada nama font yang mempunyai format .ttf, sehabis itu klik sajian Install. Proses pemasangan font huruf jawa akan berlangsung beberapa detik sebelum siap digunakan.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

#2 Akses Tool Online untuk Mengetik Aksara Jawa

Mengapa di awal saya katakan cara ini ialah yang paling gampang untuk menulis huruf Jawa ialah sebab kita hanya cukup mengunjungi tool ataupun website di internet yang sanggup pribadi mengubah goresan pena latin yang kita ketik menjadi goresan pena Hanacaraka. Di samping itu, melalui tool online ini juga disediakan penulisan huruf Jawa lengkap.

Cara ini tentunya lebih gampang dan singkat untuk dipraktikkan kalau dibandingkan memakai On Screen Keyboard menyerupai halnya cara menulis Arab di Word pada artikel yang lalu, sebab Anda hanya perlu melaksanakan proses copy paste saja dan semuanya pribadi beres.

Adapun salah satu tool online yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda manfaatkan dikala ini ialah website Nulisa Aksara Jawa milik bang Bennylin. Situs yang dibentuk pada 6 April 2013 ini, memang dibentuk untuk mempermudah penulisan huruf Jawa dan sekaligus berfungsi untuk translate huruf jawa Hanacaraka atau translate jawa ke huruf jawa maupun sebaliknya.

Kunjungi website Nulisa Aksara Jawa tersebut kemudian tulis atau ketik kata apa yang akan Anda ubah ke dalam huruf Jawa. Anda juga sanggup mencoba beberapa mode yang ada di sana, menyerupai mode ketik, mode kopas, mode murda, mode tanpa spasi, dan mode tanpa spasi. Ketika Anda mengetik, maka pratayang dari huruf jawa yang Anda ketik juga akan ditampilkan. Dalam tutorial kali ini saya akan menawarkan referensi goresan pena atau kalimat huruf Jawa pasangan dengan kata "Saya makan nasi".

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Jika telah selesai mengetik kata latin yang ingin Anda translate ke huruf Jawa, tekan tombol Enter pada keyboard. Dengan begitu, goresan pena huruf Jawa translate dari kata yang Anda masukkan tadi akan muncul pada kotak yang kedua.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Blok goresan pena huruf Jawa tersebut kemudian klik kanan dan pilih sajian Copy. Atau sanggup juga melalui cara singkatnya Ctrl+C pada keyboard.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Anda juga sanggup mengecek kembali huruf Jawa tersebut apakah telah sesuai dengan kata yang Anda ketik dengan menerjemahkannya melalui tombol jawa > latin.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

#3 Buka Software Microsoft Word

Cara menulis huruf Jawa selanjutnya ialah tentu dengan membuka software atau aplikasi pengolah dokumen menyerupai Microsoft Word untuk menempelkan (paste) huruf Jawa yang telah Anda copykan tadi.

Sebelum mempastekan, pilih terlebih dahulu jenis font yang mendukung karakter unicode huruf Jawa (dalam hal ini Tuladha Jejeg) beserta ukurannya. Setelah itu, klik segitiga kecil pada ikon Paste dan pilih lah Keep Text Only.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Dengan demikian, huruf Jawa yang telah Anda copy tadi akan terpaste pada Microsoft Word. Selanjutnya silakan Anda lengkapi goresan pena tersebut dengan contohnya referensi soal huruf Jawa maupun yang lainnya.

 dengan benar di komputer maupun Android Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Kesimpulan

Cara menulis huruf Jawa dengan benar di komputer maupun Android sanggup Anda lakukan dengan tiga tahap yang paling mudah. Tiga tahap tersebut yakni mendownload font huruf Jawa dan memasangnya, mengunjungi Nulisa Aksara Jawa yang merupakan situs translate huruf jawa Hanacaraka, dan terakhir membuka Microsoft Word untuk mempastekan huruf Jawa yang telah dicopy pada situs Nulisa dan melengkapinya dengan goresan pena lain.

Bagaimana berdasarkan Anda, sangat gampang bukan cara menulis huruf Jawa yang saya bahas pada artikel ini? Mungkin pada artikel selanjutnya, akan saya bahas juga cara mengetik huruf Jawa memakai On Screen Keyboard. Untuk itu, terus ikuti blog ini untuk mendapat update artikel menarik lainnya. Terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menulis Abjad Jawa Dengan Benar Di Komputer Dan Android"