Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Memperbaiki Duduk Perkara Modem Tidak Dapat Connect Ke Internet

Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect Ke Internet Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet
Modem tidak connect ke internet
Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect Ke Internet. Modem, jaman kini siapa yang tidak tahu salah satu alat koneksi jaringan ini. Dengan ukurannya yang kecil dan gampang dibawa menciptakan alat ini seperti menjadi salah satu daftar barang yang wajib dibawa oleh para pecinta internet khususnya para pelajar dan mahasiswa. Kemudahan dalam penggunaannya pun menjadi alasan embel-embel kenapa modem masih terkenal hingga dikala ini.

Namun dibalik kemudahannya, terkadang terdapat pula beberapa dilema yang muncul, di antaranya ialah yang kini akan dibahas dalam artikel ini yaitu dilema modem yang tidak sanggup terkoneksi ke internet. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect Ke Internet Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet

Pernahkah sahabat mengalami dilema modem ibarat pada gambar di atas? Pada gambar tersebut saya menggunakan modem dengan brand Huawei E173, namun saya rasa brand modem apapun niscaya tidak jauh berbeda penampakannya dan niscaya sama cara memperbaikinya.

Penyebab Modem Tidak Bisa Connect ke Internet

Sebelum berbicara mengenai solusi, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penyebab kenapa modem kesayangan kita tidak sanggup terkoneksi ke internet di bawah ini.

  1. Sim card (kartu yang dipakai untuk modem) telah habis paket internetnya atau berada dalam masa tenggang. Pastikan dulu sim card sahabat sebelum melangkah ke langkah selanjutnya.
  2. Kemungkinan sahabat tidak sengaja telah mengutak-atik pengaturan pada software bawaan modem dan telah melaksanakan kesalahan.
  3. Sering menggonta-ganti kartu sim yang mengakibatkan pengaturan pada modem sering berubah-ubah.
  4. Masalah pada modem, ibarat driver modem yang hilang sebab virus, dan lain-lain.
  5. Sim card rusak atau tidak ada sinyal (sinyal pada modem bertanda silang). Kebanyakan permasalahan kenapa modem tidak sanggup connect ke internet sebab faktor ini.

Cara Memperbaiki Modem Tidak Bisa Connect ke Internet

Setelah kita mengetahui faktor penyebabnya, ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk sanggup memperbaiki modem tidak sanggup terkoneksi ke internet ini. Simak beberapa caranya di bawah ini.

1. Scan Komputer

Scan terlebih dahulu sistem pada komputer sobat. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab rusaknya modem sahabat dikarenakan virus atau tidak.

2. Uninstall dan Install Kembali Driver Modem

Driver modem yang hilang sanggup kita perbaiki dengan cara uninstall semua driver yang berafiliasi dengan modem anda menggunakan Control Panel atau derma pihak ketiga ibarat Revo Uninstaller, IOBit Uninstaller, dan lain-lain.

Setelah proses uninstall berhasil dilakukan, pasangkan modem dan install kembali driver modem sahabat ibarat biasa.

3. Ganti APN

Apa itu APN? APN yaitu kependekan dari Access Point Name. Setiap sim card atau provider niscaya berbeda-beda settingannya. Misal sahabat menggunakan kartu XL namun menggunakan APN Telkomsel, sudah niscaya akan ada gangguan. Maka dari itu, sahabat harus menggunakan APN yang sesuai dengan sim card yang sahabat gunakan.

Bagaimana cara mengubah settingan APN? Setiap brand modem sudah niscaya menawarkan sajian yang berbeda satu sama lain. Namun biasanya pada sajian Settings>>Setting Preferences>>Profil Management inilah daerah kita sanggup menyetting APN.

Untuk beberapa konfigurasi APN pada setiap provider sim card sahabat sanggup download melalui link di bawah ini.

4. Buat Koneksi Dial Up

Terakhir, apabila modem sahabat masih tidak sanggup terkoneksi ke internet sahabat harus menciptakan koneksi dial up di komputer sobat. Untuk cara pembuatan dan cara penggunaannya sahabat sanggup lihat melalui link di bawah ini.


Nah begitulah Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet, supaya bermanfaat dan sanggup membantu permasalahan sahabat semua. Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Jitu Memperbaiki Duduk Perkara Modem Tidak Dapat Connect Ke Internet"