Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Secara Tiba-tiba di Android!

Sinyal ponsel hilang - Pernahkan mengalami sinyal ponsel hilang, pasti hampir semua mengalami kejadian ini yang membuat repot disaat situasi sibuk baik bekerja ataupun saat situasi genting. Lebih heranya lagi disaat sinyal ponsel kita hilang ternyata pososi kita tidak jauh dari lokasi tower operator jaringan. Sinyal ponsel Android menjadi salah satu faktor terpenting, apalagi buat anda aktif untuk melakukan berkomunikasi maupun menjelajah dunia maya buat internetan.Lalu apa penyebabnya dan cara mengatasi signal seluler yang hilang di ponsel android.


Era milenial ini perkembangan teknologi memang semakin pesat terutama dibidang telekomunikasi. Dengan perkembangan ponsel dari ponsel yang menggunakan jaringan 2G kemudian berkembang menjadi ponsel yang sudah menggunakan  jaringan 3G maupun 4G lite. Jaringan 4G lite disukai oleh banyak orang karena transfer data yang relative jauh lebih cepat daripada jaringan yang ada dibawahnya. Sinyal 4G lite ini mampu mentransfer data dengan speed sampai kisaran 100 Mbps.

Faktor penyebab sinyal hilang:

  • Cuaca hujan atau mendung pekat.
  • Adanya kerusakan pada hardware atau firmware smartphone.
  • Aplikasi tertentu dari pihak ketiga
  • Operator penyedia jaringan melakukan pemadaman sinyal
  • Anda berada di lokasi yang tidak terjangkau oleh sinyal jaringan
  • Smartphone error karena benturan keras seperti terjatuh
  • Ponsel cerdas diatur pada mode jaringan 2G atau 3G saja.
  • Jaringan sinyal di tempat anda tidak stabil /lemah.

Telah kita tahu beberapa faktor yang menyebabkan sinyal ponsel hilang, anda dapat memahami dan menganalisa pada ponsel android anda. Dengan memahami penyebab tersebuat maka anda tidak akan panik dan pastinya akan tau kondisi. Dari beberapa permasalahan yang menyebabkan hilangnya sinyal ponsel maka bagaimana solusi atau cara untuk mengatasi sinyal hilang secara tiba-tiba di ponsel and. Berikut cara untuk mengatasinya yang anda harus tau.:

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Secara Tiba-tiba di Android


1. Pindahlah Smartphone ke lokasi atau area lain

Cara pertama yaitu bawa smartphone anda ke lokasi lain. Untuk mengecek apakah operator jaringan di dekat posisi anda sedang melakukan perbaikan terhadap sinyal. Dengan berpindah ke lokasi atau area lain, anda akan tahu apakah sinyal ponsel anda normal atau masih sama seperti semula. sehingga anda akan tau yang terjadi error ponsel anda atau jaringanya yang rusak atau perbaikan.

2. Lepaslah Simcard untuk beberapa saat dan masukan kembali.

Sinyal jaringan ponsel hilang bisa disebabkan oleh simcard yang tidak terbaca oleh ponsel, mungkin disebabkan simcard tidak pas mungkin karena ponsel anda terjatuh atau terbentur sehingga letak simcard tidak pas. Copot kartu sim dari ponsel anda dan paskan posisinya. Periksa kaki komponen masih bagus ataukah sudah aus. Bersihkan pada nbagian logam simcard dengan penghapus pensil. Kemudian pasang kembali simcard pada slot yang tersedia cara itu  bertujuan untuk mereset koneksi sinyal anda.

3. Coba aktifkan mode pesawat terbang

Untuk cara ini anda harus terlebih dahulu menghidupkan mode pesawat. Dengan anda mengaktifkan mode pesawat ini, maka smartphone akan secara otomatis mereset sinyal smartphone. Untuk cara mengaktifkan yaitu silahkan anda cari pengaturan sinyal di smartphone anda. Carila ikon pesawat terbang yang terdapat di smartphone letaknya biasanya di home screen. Setelah megaktifkan mode pesawat beberapa menit kemudian anda matikan kembali mode pesawatnya.

4. Ubah Mode Penerimaan Sinyal

Kebanyakan smartphone mendukung berbagai jenis sinyal baik 2G, 3G, maupun 4G LTE. Sinyal 2G bekerja pada frekuensi 850/900/1900 Mhz. Sinyal 3G bekerja pada frekuensi 900/2100 MHz. Sedangkan jaringan 4G LTE mampu bekerja pada frekuensi 2100 MHz. Jika anda berada pada daerah yang tidak mendukung layanan 3G ataupun 4G LTE, maka ponsel anda akan kehilangan sinyal. Ubah mode sinyal yang digunakan.

  • Buka menu setting 
  • Wireless and Networks 
  • Mobile Networks 
  • Network Mode. 
  • Periksa, apakah ponsel anda menggunakan jaringan WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered. 
  • Cobalah beralih ke GSM saja. dengan memilih mode Gsm, akan terlihat apakah hilangnya sinyal disebabkan layanan jaringan yang belum mendukung ataukah masalah lain.

5.Lakukan Factory Reset

Factory Reset merupakan langkah terakir apabila dari semua langkah sebelumnya tidak dapat mengatasi sinyal hilang di android. Solusi terakhir paling ampuh adalah factory reset. Hilangnya signal jaringan bisa saja disebabkan oleh kegagalan pada O.S android, yang mungkin dipicu oleh perangkat lunak atau virus.

  • Buka pada menu pengaturan 
  • pilihlah Backup & Reset 
  • Kemudian pilih Factory Data Reset. 
Harus di ingat bahwa Factory Reset akan menghilangkan data-data anda, file penting termasuk foto, video, maupun kontak, maka anda terlebih dahulu untuk melakukan back up data, sebelum memilih cara ini.

Demikian artikel tenyang cara  mengatasi sinyal tiba-tiba hilang di onsel android. lakukan langkah-langkah dan cara diatas srbelum anda memilih untuk melakukan factory reset atau memilih hard reset. Semoga sebagai bahan pengetahuan dan bermanfaat. Terimakasih
Source : Nigoko
Kata Kunci : Sinyal, Sinyal hp hilang, GSM, jaringan ponsel, hilang jaringan ponsel, Sinyal ponsel hilang