Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Twrp/ Cwm Recovery Di Hp Android (Xiaomi)

Sering ngoprek hp android atau mencoba ingin menjadi opreker android anda niscaya setidaknya akan mengenal istilah  TWRP atau mungkin saja CWM, TWPR dan CWM ini bergotong-royong dari sisi fungsi keduanya sama, merupakan tool recovery atau tool pemulihan perangkat android yang sanggup dipakai untuk beberapa keperluan, untuk backup, melaksanakan flashing, reset dan lain sebagainya.

Di beberapa brand hp android memang di dalamnya ada yang sudah dilengkapi dengan mode recovery menyerupai di hp xiaomi  salah satunya, namun tidak semua hp xiami mempunyai fitur recovery di dalamnya, beberapa diantaranya ada juga yang tidak ada tool recovery,  tool recovery ini sebagai salah satu alternatif yang sanggup dipakai oleh pengguna ketika mereka ingin memulihkan dan memodifikasi sistem android di hp tersebut ketika hp mengalami trouble.

Sering ngoprek hp android atau mencoba ingin menjadi opreker android anda niscaya setidaknya Mengenal apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP android (xiaomi)

Di beberapa versi xiaomi tool rcovery memang sudah disediakan sebagai fitur bawaan, tapi kabarnya tool recovery yang sudah disediakan oleh xiaomi kurang user friendly bahkan secara bawaan masih memakai bahasa cina. oleh alasannya itu banyak pengguna yang mencoba melaksanakan customisasi recovery (mengganti recovery bawaan).

Sistem recovery yang ketika ini paling banyak dipilih untuk diinstal di perangkat xiaomi ialah TWRP/CWM Recovery, kedua tool tersebut ialah tool recovery gratis namun mempunyai fitur yang sangat lengkap serta gampang sekali dalam penggunaannya.

 Lantas apa itu TWRP? dan apa itu CWM ?

Mengenal apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP xaomi

Untuk memahami lebih jauh tetang TWRP dan CWM recovery maka di artikel kali ini saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu TWRP dan apa itu CWM:

TWRP Recovery

TWRP merupakan kepanjangan dari Team win recovery project, sebuah tool atau software gratis yang sanggup diinstal di perangkat android  yang fungsinya untuk dipakai sebagai tool yang sanggup membantu pemulihan perangkan android.

Sering ngoprek hp android atau mencoba ingin menjadi opreker android anda niscaya setidaknya Mengenal apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP android (xiaomi)


Sekali lagi tidak semua perangkat android dilengkapi tool recovery, biar hp anda mempunyai fitur recovery maka salah satu yang sanggup anda gunakan ialah twrp recovery,  namun sebelum sanggup dipakai tool ini harus diinstal di perangkat android anda melalui flashing recovery.

Dengan memasang TWRP di perangkat androi, maka ketika pengguna masuk ke mode Recovery, anda akan melihat tampilan mode TWRP yang siap untuk dioperasikan dengan mudah, dan kabarnya ketika ini TWRP sudah mendukung touch screen.

CWM Recovery

CWM recovery bergotong-royong merupakan kepanjangan dari Clockwordmod, yang secara fungsi dan kegunaan tidak jauh berbeda dengan TWRP keduanya sama-sama sebagai tool recovery.



Tapi kabarnya CWM dari sisi tampilan sangat menyerupai tampilan Recovery bawaan sistem android, bahkan CWM ini ternyata merupakan tool recovery hasil modifikasi Recovery bawaan android sehingga dari sisi tampilan tidak jauh berbeda dengan fitur recovery bawan android, namun CWM fiturnya jauh lebih lengkap.

Dari sisi kemudahan pengoperasian, jikalau dibandingkan dengan TWRP memang lebih user friendly TWRP, karenaTWRP sudah support touch screen, sedangkan CWM pengoperasiannya masih  memakai Navigasi tombol-tombol perangkat hp.

Apa sih Sebenarnya fungsi Fitur Recovery ini dan kenapa menentukan TWRP / CWM?

Keberadaan fitur recovery ini terperinci sangat membantu pengguna terutama ketika pengguna berurusan dengan recoery atau pemulihan yang berkaitan dengan perangkat lunak sistem android.

Alasan pengguna lebih menentukan untuk memasang dan memakai recovery bawaan ialah sebagai berikut:

1. TWRP atau CWM recovery lebih user friendly

Alasan pertama kenapa banyak pengguna yang menentukan TWRP dan CWM dari pada recovery bawaan sistem android ialah alasannya TWRP / CWM fiurnya lebih lengkap serta lebih gampang digunakan.

2. Pengguna sanggup Melakukan backup dan restore sistem android dengan mudah.

Melalui recovery anda sanggup dengan gampang melaksanakan backup dan restore sistem android perangkat anda, dengan melaksanakan backup sistem, jikalau dikemudian hari perangkat android anda secara software mengalami kerusakan maka anda sanggup memulihkannya dengan melaksanakan restore sistem. untuk urusan ini tugas recovery sangat prakis.

3. Melakukan flashing rom

Flashing atau instal ulang memang terkadang diharapkan untuk memodifikasi rom, salah satu tool alternatif yang sanggup dipakai untuk instal ulang rom atau flashing rom ialah melalui recovery, cukup gampang dan cepa

4. Wipe Sistem

Wipe atau hapus sanggup dipakai untuk melaksanakan factory reset sehingga sistem kembali ke pengaturan awal, walaupun di beberapa perangkat android sudah menyediakan aplikasi untuk memfasilitasi melaksanakan factory reset, factory reset juga sanggup dilakukan melalui tool recovery.

Bagaimana cara memakai Recovery TWRP/ CWM di HP xiaomi

Jika anda pemula mungkin anda akan sedikit bertanya penggunaannya bagaimana, sebelum memakai TWRP/CWM, recovery di hp xiaomi  anda harus sudah di custom dengan cara flash recovery (instal recovery) dengan cara-cara khusus.

Setelah Custum recovery  TWRP/CWM terpasang, maka untuk memakai recovery tersebut anda harus masuk ke mode recovery di hp xiaomi anda.

Seperti yang pernah saya jelaskan di arikel sebelumnya mengenai 3 cara masuk dan keluar TWRP recovery, untuk masuk ke mode recovery di ponsel xiaomi salah satunya ialah dengan menekan tombol volume + dan Tombol Power secara bersamaan dalam beberapa detik  ketika hp dalam keadaan mati.

dengan menekan tombol tersebut, anda akan masuk ke tamplan mode recovery dan anda sanggup pribadi mengoperasikan tool recovery tersebut.

Demkian artikel yang sanggup saya sajikan terkait recovery di sistem operasi android, dengan membaca artikel di atas setidaknya anda sanggup mendapakatkan pemanis info perihal apa itu TWRP/ CWM Recovery di HP xaomi dan kenapa diperlukan. semoga bermanfaat

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Twrp/ Cwm Recovery Di Hp Android (Xiaomi)"