Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Font Abjad Jawa Untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Sebelum Anda sanggup menulis huruf Jawa pada software pengolah kata mirip Microsoft Word dan sebagainya, Anda harus dan wajib untuk memasang font huruf Jawa terlebih dahulu pada komputer atau laptop yang Anda miliki. Jika tidak, maka sanggup dipastikan Anda akan kesulitan dalam mengetik huruf Jawa lantaran tidak adanya font yang mendukung karakter huruf jawa tersebut.


Font huruf Jawa secara resmi termasuk ke dalam Unicode semenjak bulan Oktober tahun 2009, bertepatan dengan dirilisnya Unicode versi 5.2. Dengan blok Unicode yang terletak pada arahan U+A980 hingga U+A9DF, huruf Jawa mempunyai sejumlah 91 arahan yang terdiri dari 53 huruf, 19 tanda baca, 10 angka, dan 9 vokal.

Dengan resminya huruf Jawa sebagai Unicode, gres 4 tahun setelahnya (sekitar tahun 2013) bermunculan lah sejumlah font huruf Jawa orisinil yang mulai beredar luas. Di antara font huruf Jawa tersebut ialah Hanacaraka/Pallawa oleh Teguh Budi Sayoga, JG Aksara Jawa oleh Jason Glavy, dan Tuladha Jejeg oleh R.S. Winahanto yang telah berbasis teknologi Graphite SIL.

Jika Anda belum mengetahui dimana tempat ataupun website penyedia font huruf jawa free download, maka sangat sempurna sekali Anda mengunjungi artikel kali ini. Karena aku akan membagikan beberapa font huruf jawa yang telah aku kumpulkan dari banyak sekali situs online dan telah aku uji coba untuk menulis huruf Jawa di Microsoft Word. Dan hasilnya, semua font tersebut telah mendukung pengetikan huruf Jawa.
Baca juga: Cara download font gratis
Silakan download font huruf Jawa untuk Microsoft Word tersebut di bawah ini dan jangan lupa berterima kasih kepada pembuatnya.

Kumpulan Font Aksara Jawa Gratis

#1 Tuladha Jejeg Font

Font huruf Jawa pertama yang aku bagikan pada artikel kali ini berjulukan Tuladha Jejeg, font yang diciptakan oleh R.S. Winahanto dengan ciri khas memakai lebar gesekan dengan karakter tebal tipis dan serif di beberapa glifnya.

 pada software pengolah kata mirip Microsoft Word dan sebagainya Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Berdasarkan Wikipedia sendiri, Tuladha Jejeg yakni font huruf Jawa yang paling lengkap dibandingkan dengan font lain semenjak kemunculannya tahun 2013 silam. Hal ini lantaran Tuladha Jejeg dibentuk menurut teknologi Graphite SIL sehingga bisa dan mendukung dalam menampilkan semua bentuk karakter Jawa dengan basis Unicode.

Font Tuladha Jejeg biasa dipakai pada beberapa situs web untuk menampilkan huruf Jawa pada halamannya, terutama pada situs-situs Wikimedia Foundation mirip Wikipedia dan beberapa situs translate huruf Jawa Hanacaraka. Lebih dari itu, font ini juga tentunya sanggup Anda gunakan untuk menulis huruf Jawa pada Microsoft Word 2007 ke atas maupun software pengolah kata lainnya. Download font huruf jawa online tersebut di bawah ini.

Download | Tuladha Jejeg Font (Gratis)

#2 Hanacaraka Font

Font huruf Jawa kedua yakni Hanacaraka yang dibentuk oleh Teguh Budi Sayoga dan mulai beredar semenjak tahun 2004 hingga sekarang. Oleh lantaran font ini dibentuk jauh sebelum huruf Jawa terdaftar sebagai Unicode, maka salah satu kekurangannya ialah pemakaiannya yang masih terbatas pada perangkat komputer saja dan tidak bisa dipakai untuk perangkat mobile mirip smartphone Android.

 pada software pengolah kata mirip Microsoft Word dan sebagainya Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Di sisi lain, font Hanacaraka ini banyak sekali mempunyai keunggulan. Seperti mendukung semua jenis format font entah itu Bold, Italic, Underline, dan lain-lain; bisa dipakai pada software Graphics Design (Corel Draw, Photoshop), Database, maupun pada situs untuk translate Jawa ke huruf Jawa; dan tentunya gampang dipelajari bagi yang gres berguru menulis huruf Jawa sekalipun. Bagi Anda yang sedang mencari font huruf Jawa Corel Draw, Anda bisa download font Hanacaraka tersebut di bawah ini.

Download | Hanacaraka Font (Gratis)

#3 Javanese Text dan Noto Sans Javanese

Font berikutnya yang bisa dipakai untuk mengetik huruf Jawa di Microsoft Word yakni Javanese Text dan Noto Sans Javanese. Bisa dikatakan, dua buah font huruf Jawa ini yakni font yang universal lantaran sudah tersedia di beberapa situs penyedia font gratis mirip Google Fonts, Dafontfree, Legionfonts, Megafonts, dan lain-lain.

 pada software pengolah kata mirip Microsoft Word dan sebagainya Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Saya sendiri belum mengetahui siapa pembuat font Javanese Text. Namun untuk Noto Sans Javanese sendiri, Google yakni pihak yang membuatnya sempurna pada tahun 2014 silam. Sebagai font buatan Google, tentu Noto Sans Javanese termasuk ke dalam bab dari seri font Noto dan mendukung semua bahasa di dunia selain tentunya huruf Jawa.

Download | Javanese Text & Noto Sans Javanese (Gratis)

#4 Nawatura dan Istaka

Nawatura dan Istaka yakni dua buah font huruf Jawa yang dibentuk oleh seorang budayawan sekaligus kreator di bidang Tipografi asal Bandung berjulukan Aditya Bayu Perdana.

 pada software pengolah kata mirip Microsoft Word dan sebagainya Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Font Nawatura mempunyai bentuk yang mirip langgam klasik Jawa cetak pada jaman Belanda dengan kontras garis yang lebih rendah sehingga keseluruhan teks terlihat lebih tebal dan lebih gampang dibaca walaupun ukurannya kecil. Namun sayangnya, Aditya Bayu menciptakan font ini khusus untuk perangkat komputer Windows saja, penggunaan untuk HP Android atau lainnya tidak dijamin sanggup bekerja.

Adapun font Istaka, mempunyai bentuk yang sangat unik lantaran mirip langgam bata sarimbag yang mempunyai ciri khas berupa counter sempit dan garis tebal, sehingga cocok dipakai untuk menulis judul maupun teks pendek yang penting. Sama mirip Nawatura, font ini juga dibentuk khusus untuk perangkat komputer.

Download | Nawatura & Istaka (Gratis)

#5 Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan

Tiga buah font huruf Jawa selanjutnya yakni Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan. Berbeda dengan dua font sebelumnya yang dibentuk oleh satu orang, ketiga font ini dibentuk oleh orang yang berbeda. Dimana Jamawi dibentuk oleh Arif Budiarto, Kramawirya dikembangkan oleh Yayat Suhiryatna beserta dua orang temannya, dan Nyk Ngayogyan diciptakan oleh Apri Nugroho.

 pada software pengolah kata mirip Microsoft Word dan sebagainya Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Meskipun dibentuk oleh orang yang berbeda, namun ketiga font ini terinspirasi dari gaya goresan pena yang umum dipakai oleh orang Jawa di banyak sekali daerah, khususnya Yogyakarta. Hanya ada sedikit perbedaan pada font Jamawi, dimana Arif Budiarto membuatnya menurut naskah Serat Imam Nawawi yang mungkin banyak orang Jawa belum mengetahuinya.

Ketiga font ini sanggup dipakai dengan baik untuk mengetik huruf Jawa pada Microsoft Word di komputer. Adapun jikalau Anda mencari font huruf Jawa Android, maka font Nyk Ngayogyan lah yang bisa Anda gunakan, lantaran Apri Nugroho juga membuatnya khusus untuk Hp Android.

Oleh lantaran sanggup dipakai di Android, maka tentunya Anda sanggup mengakibatkan Nyk Ngayogyan ini sebagai font huruf Jawa untuk Picsart, Picsay Pro, Pixellab, maupun aplikasi desain lainnya. Download font huruf Jawa Picsay Pro tersebut di bawah ini.

Download | Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan (Gratis)

#6 Font Mirip Aksara Jawa

Kumpulan font huruf Jawa terakhir kali ini bukanlah font huruf Jawa asli, melainkan font latin biasa yang bentuk dan gaya tulisannya dibentuk mirip huruf Jawa yang asli.

Adapun nama-nama font tersebut yang berhasil aku kumpulkan yakni Aksara Jawa Palsu, Jawadwipa, dan Kemasyuran. Ketiga font tersebut biasa dipakai pada desain kartu undangan, kaos gaya Jawa, kalender, dan lain-lain. Anda bisa mendapat ketiga font tersebut di bawah ini.

Download | Font Mirip Aksara Jawa (Gratis)

Kesimpulan

Font huruf Jawa yang bisa dipakai untuk menulis huruf Jawa di Microsoft Word yang ada pada artikel kali ini yakni Tuladha Jejeg, Hanacaraka, Javanese Text, Noto Sans Javanese, Nawatura, Istaka, Jamawi, Kramawirya, Nyk Ngayogyan, dan font mirip huruf Jawa orisinil berjulukan Aksara Jawa Palsu, Jawadwipa, dan Kemasyuran. Anda sanggup download semua font tersebut secara gratis untuk perangkat komputer dan ada beberapa untuk Android.

Itulah beberapa font huruf Jawa yang telah aku kumpulkan selama ini. Tidak perlu repot mencarinya lagi bukan? Tulis alamat email Anda pada kotak Berlangganan di bawah biar Anda selalu mendapat artikel menarik lainnya di blog ini nanti. Terima kasih.