Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Ukuran Dan Jenis Font Windows 10

Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows 10 ini dilakukan alasannya terkadang ukuran font default windows 10 itu terlihat kecil untuk beberapa orang. Hal ini mungkin terjadi alasannya beberapa faktor. Layar komputer yang beresolusi tinggi mungkin menjadi salah satu faktor penyebabnya. Oleh alasannya itulah saya buat artikel ini. Saya akan mengatakan bagaimana cara mengatur ukuran font pada windows 10 sesuai impian kamu, di samping itu kalau kau bosan dengan fontnya yang itu-itu aja, saya juga akan menjelaskan cara mengubah jenis font pada windows 10 kamu.

Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows  Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10

Perlu diketahui mulai pada Windows 10 versi Creators Update hingga update terbaru sekarang, fitur bawaan untuk merubah ukuran font telah dihilangkan. Tidak diketahui mengapa Windows memutuskan untuk menghapus fitur dasar ini. Oleh alasannya itulah untuk kau yang menggunakan Windows 10 versi Creators Update atau di atasnya kau memerlukan pemberian pihak ketiga (software) untuk proses perubahan font kamu.

Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10

Creators Update ke Atas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada Windows 10 versi Creators Update ke atas kau memerlukan pemberian pihak ketiga (software). Ada banyak software yang sanggup kau manfaatkan di luar sana dari software hebat yang gratis hingga berbayar. Namun disini saya akan menggunakan software dari WinTools berjulukan System Font Changer. Silahkan kau download dulu softwarenya di bawah.

Download: System Font Changer (Gratis)

Saat pertama kali dijalankan, software System Font Changer ini biasanya menanyakan apakah kau ingin menyimpan pengaturan default Windows 10 atau tidak, saya sarankan biar kau menyimpan pengaturan default ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila ada kesalahan dalam proses perubahan font, atau bila kau nanti memutuskan untuk mengubah kembali font kau menyerupai semula. Klik Yes dan tentukan folder dimana kau akan menyimpannya.

Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows  Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10

Saat software terbuka, pilih potongan mana yang ingin kau ubah ukurannya, menyerupai Title Bar atau Message Box atau lainnya. Kemudian untuk mengatur ukurannya gunakan slider yang terletak di sebelah kanan, kau sanggup menentukan ukuran font antara skala 0 hingga 20. Kamu juga sanggup mencentang Bold kalau kau mau menebalkan font di potongan tertentu. Jika sudah, klik tombol Apply kemudian log out. Dan selesai, maka font kau akan berubah ukurannya.

Sebelum Versi Creators Update

Untuk versi yang lebih rendah dari Creators Update, kau tidak harus menggunakan pemberian pihak ketiga (software). Pengaturan bawaan Windows telah tersedia untuk melaksanakan hal ini.

Tekan tombol Windows+I untuk membuka Settings dan pilih System > Display. Klik Advanced display settings > Advanced sizing of text and other items.

Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows  Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10

Langkah-langkah di atas akan membuka jendela Control Panel. Di sini kau akan melihat dua buah dropdown. Dropdown yang pertama sanggup kau gunakan untuk menentukan potongan mana yang ingin kau rubah, dan dropdown yang kedua berisi ukuran font yang sanggup kau pilih. Kamu juga sanggup mencentang Bold untuk menebalkan pilihan tertentu sesuai impian kamu. Setelah selesai, klik Apply.

Mengganti Jenis Font Windows

Font sistem default pada Windows 10 pada umumnya yaitu Segoe UI. Merubah jenis font Windows 10 agak rumit dibanding generasi Windows sebelumnya yang membiarkan kau sanggup dengan gampang mengubah font sistem. Untuk merubah font di Windows 10, kau perlu melaksanakan beberapa pengeditan pada registry atau sanggup juga menggunakan software. Namun dalam tutorial kali ini saya hanya akan menjelaskan cara merubah jenis font Windows 10 dengan mengedit registry.

Sebelum kita mulai, ada beberapa yang harus diperhatikan. Pertama, kau harus hati-hati dan teliti ketika mengedit apapun di registry alasannya sanggup menjadikan duduk perkara serius bila kau mengacaukan setting yang salah. So, ikuti tutorial ini dengan baik dan benar.

Kedua, beberapa jenis font tidak selalu dirancang untuk dipakai untuk sistem Windows dan tidak semua mempunyai huruf yang lengkap. Saya sarankan periksalah terlebih dahulu font pilihan kau untuk memastikan apakah font tersebut telah mendukung semua huruf yang dibutuhkan.

Ketiga, cara ini tidak akan sanggup merubah semua tampilan font Windows 10 kamu. Beberapa sajian yang tidak akan berubah diantaranya yaitu Settings, Action Center dan Start Menu. Di samping itu, semua tampilan sajian Windows akan berubah.

Oke untuk melanjutkan, buka Notepad dan salin script berikut ini:
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]
"Segoe UI (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Light (TrueType)"=""
"Segoe UI Semibold (TrueType)"=""
"Segoe UI Symbol (TrueType)"=""
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]
"Segoe UI"="NEW FONT"
Ganti NEW FONT dalam tanda petik dengan nama font yang akan kau gunakan. Bisa saja Arial, Verdana, Calibri atau yang lainnya sesuai impian kamu. Kemudian Save file notepad kau dengan cara klik File > Save As. Ubahlah save as type nya menjadi All Files, aturlah File Name dengan nama apapun terserah kau dan diakhiri dengan .reg. Selesai, kemudian klik Save.

Sekarang cari file yang telah disimpan tadi dan buka. Otomatis Windows akan mendeteksi bahwa itu yaitu file registry. Klik Yes untuk konfirmasi dan klik OK. Terakhir restart komputer kau dan lihat kini font kau sudah berubah dari sebelumnya.

Untuk mengantisipasi bila suatu ketika kau ingin mengembalikan font Windows kau menyerupai semula, silahkan kau download file registry default di bawah ini. Caranya sama saja, buka dan klik Yes kemudian OK, restart dan selesai.

Download: Registry Default Windows 10 (Gratis)

Merubah Ukuran Font pada Seluruh Tampilan Windows

Jika kau ingin merubah ukuran font pada semua tampilan, termasuk teks, Taskbar dan Start Menu, kau sanggup melakukannya di dalam pengaturan Display. Caranya kau cukup tekan tombol Windows+I untuk membuka Settings dan pilih sajian Display. Disana akan terlihat bahwa ukuran font recommended yang dipakai Windows yaitu 100%. Kamu sanggup merubahnya dengan klik dropdown yang ada. Atau kau juga sanggup memanfaatkan Custom scaling biar kau leluasa dalam merubah ukuran font.

Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows  Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10

Untuk kembali ke ukuran default, pilih saja opsi Recommended pada dropdown. Saya sarankan biar kau merubah ukuran font kau sesuai dengan standar resolusi komputer kamu. Jika tidak, maka akan ada beberapa tampilan Windows dimana font menjadi buram tak jelas.

Pembesaran Sementara

Jika kau tidak ingin repot-repot melaksanakan semua ini atau bila kau ingin hanya tampilan tertentu saja yang diperbesar, kau sanggup merubah ukuran font kau secara sementara. Ya, kau sanggup memanfaatkan fitur zoom untuk melakukannya. Kamu cukup menekan Ctrl dan + (tombol plus) untuk memperbesar dan Ctrl dan - (tombol minus) untuk memperkecil tampilan. Atau kau juga sanggup membuka sajian View yang terdapat pada kebanyakan software untuk merubah tampilan.

Cara lain yang sanggup kau gunakan yaitu dengan memanfaatkan fitur bawaan pada Windows kamu, Magnifier. Di sana akan terdapat beberapa pengaturan untuk merubah tampilan. Silahkan berkreasi sendiri dengan Magnifier ini.

Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows  Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10

Nah itulah bagaimana cara mengganti ukuran dan jenis font yang sanggup saya sampaikan. Semoga artikel ini sanggup membantu kau yang sedang kebingungan merubah ukuran font Windows 10 kau terutama untuk Windows 10 Creators Update ke atas. Oke, menyerupai biasa silahkan masukkan dan saran kalian saya tunggu melalui komentar di bawah. Terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengganti Ukuran Dan Jenis Font Windows 10"