Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Gampang Memakai Ssh Di Pc Windows

Tidak ibarat Linux dan Ubuntu, sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya. Tidak diketahui mengapa pihak developer Windows memutuskan demikan.

Untuk itu biar Anda sanggup menggunakan SSH di PC khususnya Windows, mau tidak mau Anda harus mencari cara lain biar Anda sanggup melaksanakan hal itu.

 sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya 3 Cara Praktis Menggunakan SSH di PC Windows

Terdapat tiga cara menggunakan SSH di PC yang sanggup Anda coba lakukan. Di antaranya yakni menggunakan ekstensi FireSSH di Waterfox dan ekstensi Secure Shell di Google Chrome, serta memasang software Putty.

Bagaimana perbedaan penggunaan dari ketiga cara tersebut? Akan saya jelaskan.
  • Jika Anda lebih menyukai dan berencana untuk menggunakan SSH hanya pada browser Anda, maka pilihlah FireSSH untuk Firefox atau Secure Shell untuk Chrome.
  • Jika Anda ingin menggunakan software SSH yang powerfull dengan antarmuka dan konfigurasi yang lengkap, gunakan Putty. Putty ialah software yang paling terkenal untuk mengkoneksikan SSH di PC sebab kemudahannya.

Perlu diketahui untuk sanggup menggunakan SSH di PC, Anda harus terlebih dahulu mempunyai akun SSH. Jika Anda sudah mempunyainya silahkan lanjut ke tutorial, kalau belum Anda sanggup baca cara menciptakan akun SSH ini.

Cara Menggunakan SSH di PC Windows

Memakai FireSSH di Waterfox

Waterfox dan Firefox selama ini memang dikenal dengan ekstensi dan plugin-plugin tambahannya yang powerfull, dan ekstensi FireSSH ialah salah satu diantaranya.

Akan tetapi FireSSH ini hanya sanggup Anda pasang pada Waterfox, tidak sanggup Anda pasang pada Firefox. Mungkin seiring perkembangan kemajuannya, FireSSH akan sanggup Anda pasang di Firefox maupun pada banyak peramban web yang lain.

Download | Waterfox (Gratis)

Oke saya anggap Anda sudah memasang Waterfox yang telah terpasang ektensi FireSSH di dalamnya.

Buka browser Waterfox Anda, klik tombol sajian Waterfox dan arahkan ke Web Developer. Cari dan pilih FireSSH untuk menjalankannya.

Pada tampilan FireSSH akan terdapat dua sajian tab, yaitu Main dan Advanced. Pada tab Main, silahkan Anda isi semua kotak yang ada dengan warta akun SSH yang Anda punya yang telah Anda buat sebelumnya.

Kemudian pada tab Advanced, Anda sanggup mengatur tunneling SSH biar Anda sanggup terkoneksi dengan SSH server.

 sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya 3 Cara Praktis Menggunakan SSH di PC Windows

Ada beberapa laba kalau Anda telah terhubung dengan SSH, di antaranya akan mencegah malware yang masuk melalui Wifi publik, mengakses sumber daya dari jarak jauh di jaringan lokal, melewati pemfilteran web, dan sanggup menjelajah internet seakan-akan Anda sedang berada di negara lain.

Memasang Secure Shell di Google Chrome

Cara menggunakan SSH di PC selanjutnya ialah dengan memasang ekstensi Secure Shell pada Google Chrome. Secure Shell sendiri ialah aplikasi web resmi yang dikembangkan oleh pihak Google.

Silahkan Anda cari pasang terlebih dahulu Secure Shell ini pada Chrome Web Store.

Untuk menjalankan Secure Shell, klik pada ikon Apps pada Chrome. Anda akan menemukan beberapa aplikasi yang telah terpasang, termasuk Secure Shell salah satu di antaranya.

 sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya 3 Cara Praktis Menggunakan SSH di PC Windows

Setelah Secure Shell terbuka, silahkan Anda isi kembali kotak-kotak yang ada dengan akun SSH milik Anda dengan memasukkan nama pengguna dan nama host (alamat IP). Anda juga sanggup menambahkan argumen baris perintah SSH perhiasan kalau perlu.

 sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya 3 Cara Praktis Menggunakan SSH di PC Windows

Tidak ibarat FireSSH, Secure Shell ini mempunyai kekurangan yang cukup besar. Yakni Anda tidak sanggup mengatur SSH tunneling. Sungguh sangat disayangkan sekali untuk aplikasi sekelas besutan Google.

Memanfaatkan Software Putty

Seperti halnya cara menggunakan ssh di android yang memanfaatkan aplikasi berjulukan KPN Tunnel Revolution, menggunakan ssh di PC juga sanggup memanfaatkan sebuah software berjulukan Putty.

Putty ialah software tunneling SSH paling terkenal untuk Windows ketika ini.

Software ini bersifat open source (gratis), dan bahkan Anda tidak perlu menginstallnya sebab sudah tersedia versi portabelnya.

Download | Putty (Gratis)

Hal yang mungkin akan Anda keluhkan pada ketika pertama kali menggunakan Putty ialah antarmukanya yang tampak agak sedikit rumit. Namun Anda akan mencicipi kemudahannya sesudah Anda mulai menggunakannya.

Untuk mulai menggunakan SSH di Putty, Anda hanya perlu menjalankan softwarenya, kemudian masukkan Host Name (or IP address) sesuai dengan akun SSH yang Anda punya, dan klik Open. Putty akan terhubung ke server dan meminta Anda untuk mengisi username dan password Anda.

 sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya 3 Cara Praktis Menggunakan SSH di PC Windows

Jika Anda tanya saya lebih menentukan menggunakan SSH atau menggunakan VPN, saya lebih merekomendasikan Anda menggunakan VPN di PC. Kenapa? Salah satu alasannya ialah sebab menggunakan VPN jauh lebih gampang dibanding SSH.

Nah itulah tiga cara menggunakan SSH di PC gratis yang sanggup saya sampaikan. Saya harap artikel ini sanggup membantu Anda yang sedang mencari tutorial connect SSH lewat PC khususnya untuk Windows. Oke ibarat biasa, silahkan masukkan, saran atau bahkan rekomendasi cara lain yang mungkin Anda ketahui, saya tunggu melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Post a Comment for "3 Cara Gampang Memakai Ssh Di Pc Windows"